Minggu, 26 Mei 2013

media matematika


A.      Foto media
B.     Nama media                  :  Tangga  panjang dan berat
C.      Identitas media          
·        Digunakan untuk kelas       : III ( tiga )
·        Standar Kompetensi           : 2.Menggunakan  pengu-kuran waktu, panjang dan berat dalam pemecahan masalah
·        Kompetensi Dasar              : 2.3   Mengenal hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat.

D.     Bahan yang digunakan          :
·         Kayu
·         Cat
·          Boneka ( orang-orangan )
·         Benang
·         Kawat
·         Paku

E.      Proses pembuatan
Ø  Menyiapkan kayu, penggaris, pensil dan gergaji.
Ø  Membuat balok sebanyak 7 buah.
Ø  Mengukur balok pertama dengan ukuran 13 cm , balok ke dua dengan ukuran 19 cm , balok ketiga dengan ukuran 25 cm , balok ke empat dengan ukuran 30 cm , balok ke lima dengan ukuran 36,5 cm, balok ke enam dengan ukuran 42,5 cm , balok ke tujuh dengan ukuran 48,5 cm
Ø  Memotong balok-balok tersebut sesuai dengan ukurannya.
Ø  Menyatukan ke tujuh balok tersebut dengan paku dan lem kayu
Ø  Mengecat balok
Ø  Mencampurkan tiner dengan cat warna merah
Ø  Mengecat pada bagian depan
Ø  Mencampurkan tiner dengan cat warna biru
Ø  Mengecat  bagian belakang balok dengan warna biru
Ø  Menunggu sampai cat tersebut kering
Ø  Menyiapkan cat berwarna hitam di campur dengan tiner
Ø  Mengoleskan cat tersebut pada tangganya
Ø  Menjemur sampai cat tersebut kering
Ø  Setelah semua cat kering balok di tulisi dengan cat warna hitam
Ø  Untuk balok berwarna merah ditulis ( km, hm, dam,m , dm,cm,mm) sedangkan balok berwarna biru di beri tulisan ( kg, hg, dag, g, dg, cg, mg )
Ø  Menjemur sampai tulisan benar-benar kering
Ø  Memberi paku pada kedua ujung tangga
Ø  Melilitkan kawat pada paku tersebut
Ø  Membentuk kawat sesuai dengan bentuk tangga
Ø  Memasang boneka agar dapat berjalan pada kawat tersebut
Ø  Pembuatan media selesai

F.      Cara penggunaan
·      Guru menerapkan konsep bahwa “setiap turun satu tingkat dikalikan dengan 10” sedangkan “ setiap naik saru tingkat dibagi dengan 10”
·      Boneka diletakkan di tangga  yang telah diketahui dari soal
·      Boneka akan berjalan ke tangga yang di tanyakan
·      Menghitung berapa tangga yang telah dilewati sesuai dengan konsep.
·      Menjawab soal
·      Misalnya soal : 2km = .......m
·      Langkah pertama yang harus dilakukan adalah meletakkan boneka di tangga km lalu boneka berjalan ke tangga meter. Setiap boneka itu menuruni tangga anak harus menghitung ( satu, dua, tiga ). Anak tersebut akan tau bahwa ia menuruni 3 tangga berarti ia harus mengalikan 10 dengan 10 dengan 10 sebanyak 3 kali ( 10 x 10 x 10 ). Ia mendapatkan hasil 1000. Langkah selanjutnya anak menjawab soal yang ada. 2 km = 2 x 1000 m = 2000 m. Maka hasil dari 2 km = 2000 m.


G.     Rincian biaya
No
Nama barang
Jumlah
Harga satuan (Rp)
Total (Rp)
1.
2.
3.
Cat Express
Cat Avian
Tiner

3
2
1
2.500
3.000
8.500
7.500
6.000
8.500
                                                            Jumlah keseluruhan
 22.000


Tidak ada komentar:

Posting Komentar